Read Time:1 Minute, 39 Second


CIBINONG – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Komunitas Peduli Cileungsi-Cikeas (KP2C), sebagai komunitas yang berkonsentrasi pada kegiatan sistem peringatan dini bencana banjir dan tata kelola lingkungan yang berkesinambungan. Hal tersebut diungkapkannya saat menerima audiensi KP2C, di Ruang Rapat Plt. Bupati Bogor, Cibinong, Rabu (6/7).

”Salah satu kegiatannya adalah memasang CCTV di beberapa titik untuk deteksi dini, diantaranya di Desa Bojong Kulur itu sudah ada sistem deteksi dini yang dibiayai dari swadaya masyarakat melalui KP2C,” ujar Iwan.

Iwan menerangkan, dengan sistem peringatan dini bencana banjir ini, kita bisa melihat dan memberikan informasi sedini mungkin mengenai Tinggi Muka Air (TMA), sehingga masyarakat bisa siap-siap seandainya terjadi banjir. Selama kurang lebih rentan waktu 6 jam semua masyarakat sudah bisa mengetahui dan siap-siap untuk mengungsi untuk menyelamatkan diri dan keluarga.

“Soal usulan KP2C mengenai dukungan CCTV nanti akan kami siapkan,” kata Iwan.

Menurut Iwan, Alhamdulillah, selama adanya sistem deteksi dini ini tidak ada korban jiwa, ini yang sangat kami apresiasi. Intinya kita siap bersinergi dan bekerjasama untuk menormalisasi sungai.

“Kita juga akan bersinergi melakukan pencegahan bencana banjir, mengurangi dampaknya bila terjadi banjir, serta menentukan langkah-langkah yang perlu diambil,” terang Iwan.  

Iwan menambahkan, terkait adanya pembuangan sampah ilegal di aliran sungai, sudah ditelusuri ternyata ada pihak-pihak yang mengutip retribusi sampah kepada masyarakat, namun ternyata dibuangnya ke sungai.

“Dalam waktu yang dekat kami akan tutup, saya sudah perintahkan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PUPR dan Satpol PP dan yang lainnya,” tandas Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Sementara itu, KP2C merupakan komunitas yang diketuai oleh Puarman, berkonsentrasi pada kegiatan sistem peringatan dini bencana banjir dan tata kelola lingkungan yang berkesinambungan sejak 2016. Hingga saat ini terdapat kamera pengawas (CCTV) yang ditempatkan di beberapa titik pantau di hulu sungai, diantaranya, jalur Cileungsi berada di Cibongas dan Tlajung Udik, jalur Cikeas di Cibinong dan Nagrak dan jalur Kali Bekasi berada di Pertemuan Cileungsi-Cikeas (P2C), Vila Nusa Indah 1, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. (Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Luar Biasa…Pertama di Sukaraja Pemilihan Ketua RW Ada Debat Calon
Next post Qurban Wujud Kepedulian dan Kepekaan Sosial
Close