Read Time:1 Minute, 38 Second

Ratusan pengurus dan anggota kelompok tani (Poktan) 5 Desa se Kecamatan TanjungSari Kabupaten Bogor didampingi Tim Advokasi dari Pemantau Keuangan Negara (PKN) yang dipimpin langsung oleh ketua umum PKN Patar Sihotang dan ketua Perwakilan Bogor Niko Yj, juga Bekasi Alex, dan Cianjur Ahmad Sulaeman, serta semua perwakilan PKN se-Jawa Barat mendatangi Kantor Bupati Bogor menggelar Aksi Damai, Selasa (7/6/2022).

Dalam aksi tersebut, mereka menyampaikan keberatan dengan keberadaan PT Bogor Mineral (BM) di kampung Dukut, juga adanya perusahaan pemecah batu menggunakan stone Cruiser yang selama ini dinilai telah merusak lingkungan dan mengganggu pertanian.

“Limbah pasir yang dibuang langsung ke sungai jelas mengganggu lahan petani bercocok tanam, saluran irigasi Cikumpeni yang bersumber dari sungai Cibeet mengairi ribuan hektar lahan pertanian yang merupakan sumber utama bagi perairan pertanian di wilayah itu menjadi dangkal. Beberapa titik bahkan telah tertutup oleh limbah yang berasal dari PT Bogor Mineral,” ungkap Patar Sihotang di lokasi.

Senada dengan Patar, Niko selalu Ketua PKN Kabupaten Bogor mengatakan kejadian tersebut sudah berlangsung sejak dua tahun lalu, “Kejadian pencemaran lingkungan ini sudah berlangsung 2 tahun lebih semenjak PT Bogor Mineral beroperasi di wilayah tersebut, dimana setiap musim panen, para petani mengalami gagal panen dan ada yang hasil panennya tidak maksimal dikarenakan kekurangan air dan akibat limbah PT BM tersebut,” ungkap Niko.

Aksi damai disambut baik oleh para perwakilan yang terkait permasalahan ini dengan Audensi di Gedung DPRD Kabupaten Bogor diwakili oleh Usep Komisi 1 DPRD, perwakilan Dinas PUPR, DLH dan dinas terkait lain yang turut hadir, serta aparat keamanan dari Polres Bogor dan Satpol PP.
“Aparat yang dihadirkan ini agar faham dan dapat langsung mengambil tindakan keras di lapangan bila memang ini mengakibatkan kerugian/meresahkan Masyarakat Setempat,” terang Usep sebagai Moderator dan pengambil keputusan dalam Audensi tersebut.

Komisi 1 Usep mewakili DPRD Kabupaten Bogor beserta pihak aparat keamanan/ Kepolisian mengucapkan terimakasih kepada PKN terutama Patar Sihotang sebagai ketua Umum yang mendampingi dan mewakili ratusan masyarakat hingga aksi damai tersebut berjalan aman damai dan tertib.
(TimB)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post PPRI Pertanyakan Pengawasan Kemenkop Terhadap KSP Sejahtera Bersama
Next post Ikut Ujian Resmi, 13 Santri Hafidz Qur’an Skoba Madani Parung Tidak Bisa Terima Izajah?
Close