Read Time:1 Minute, 55 Second

BOGOR ||
Karawang sukses menggelar Swab PCR Covid 19 dan pemeriksaan serta evakuasi masal Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Berat Se-Karawang bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, diselenggarakan di pelataran halaman Kantor Kecamatan Cikampek, jl Ahmad Yani, Cikampek Selatan Kec. Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis, 25/11/2021.

Sekertaris Camat Cikampek, Nevi Fatimah dalam sambutan pembukaan acara menyatakan mendukung penuh kegiatan pelayanan jiwa untuk ODGJ, “Kami dari Kec.Cikampek, selaku pemerintah yang menjadi tuan rumah acara, mendukung penuh Pemeriksaan dan Evakuasi ODGJ ke RSJMM.”

Kepala Bidang P2P, Yayuk Sri Rahayu didampingi Iin Indriati sebagai Kasi P2 PTM Keswa dan Dedeh Kuroturrosidah sebagai Programer Keswa Dinas Kesehatan Karawang dalam sambutanya menyampaikan laporan dan ucapan terimakasih kepada RSJMM, “Terdapat 1815 ODGJ di Karawang yang tersebar di 30 kecamatan, 50 puskesmas, 309 desa dan kelurahan Se-Karawang, dan ucapan terimakasih kepada kami sampaikan kepada Tim RSJMM yang telah membantu memeriksa dan mengevakuasi ODGJ Berat sesuai target yang ditentukan. Mereka (ODGJ-Red) berasal dari Kec.Cikampek, Jatisari, Ciampel, Klari, Jomin, Purwasari dan Pacing”.

Selaku Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat sekaligus Penanggung Jawab kegiatan, Iyep Yudiana mengucapkan terimakasih sekaligus memberikan pemaparan terkait pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan RSJMM, “Kami mewakili managemen RSJMM mengucapkan terimakasih kepada Pemda Karawang atas kerjasamanya selama ini dan menghimbau kepada seluruh peserta kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Karawang untuk mengikuti acara sampai serah terima selesai dilakukan dan seluruh ODGJ berangkat di evakuasi ke RSJMM”.

Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa RSJMM mengerahkan R. Windi Rachmawati Kusumah sebagai Psikiater, Joan Sandra sebagai Dokter IGD, dan petugas kesehatan jiwa lainnya, berhasil memeriksa 15 dari 22 ODGJ yang direncanakan, dan mengevakuasi 12 ODGJ diantaranya karena keterbatasan ruang rawat yang tersedia selama pandemi Covid 19 di RSJMM.

Akhirnya serah terima ODGJ dilakukan dan seluruh ODGJ yang telah dilakukan pemeriksaan PCR Covid 19, Pemeriksaan Kesehatan Jiwa dan Indikasi Rawat, dilakukan dievakuasi menggunakan 1 unit bus dan 1 unit kendaraan operasional, langsung ke Ruang Perawatan Jiwa RSJMM Bogor.

Turut hadir mensukseskan acara tersebut adalah Dinkes, Dinsos, Kec.Cikampek, Polsek, Koramil, Satpol PP, LKS At-Tokhiriah, PSM, Keluarga, ODGJ dan tentunya Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM yang menerjunkan Psikiater, Dokter IGD, Perawat Jiwa, Promkes, Peksos dan Tenaga administrasi, guna mendukung pelayanan kesehatan jiwa yang diberikan Pemerintah Karawang kepada seluruh ODGJ dan Keluarga di Kab.Karawang.

(DidiS)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Ketua Distrik LSM GMBI Sukabumi Desak Penegak Hukum Tangkap Para Pelaku Dan Aktor Intelektual Pembunuh Anggota GMBI
Next post Tasyakuran Hari Guru Nasional dan HUT ke-76, PGRI Tajurhalang Gelar Puluhan Nasi Tumpeng
Close