Read Time:2 Minute, 15 Second

Bekasi –
Pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai Hari lahir Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.Dan pada hari ini Rabu (1/6/2022), serentak di setiap daerah melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Dan jarang terjadi, biasanya upacara Hari lahir Pancasila itu biasa dilaksanakan oleh instansi-instansi Pemerintah maupun institusi tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pusat, ini dilakukan tingkat RT dan warganya yakni RT 11 Perumahan Griya Asri 2, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Upacara Hari Lahir Pancasila di Perumahan Griya Asri 2 turut diikuti para Siswa mulai dari anak SD, SMP, dan SMA, serta warga RT 11 Perumahan Griya Asri 2. Dan yang menjadi Inspektur upacara Beuty Boru Pandiangan (putra dari Hasudungan Pandiangan), Komandan upacara Abdullah, dan pembaca naskah Pancasila Angie Beuty Pandiangan.

Saat dihubungi media, Hasudungan Pandiangan mengatakan, bahwa peringatan hari besar nasional seperti Hari Lahir Pancasila, Hari Kemerdekaan RI, serta hari besar bersejarah lainnya rutin dilakukan Setiap Tahunnya oleh Warga RT 11 Perumahan Griya Asri 2, dan atas inisiatif dari warga untuk bagaimana memberikan edukasi kepada anak-anak tentang Hari-hari bersejarah bangsa Indonesia untuk diserap dan dimaknai dengan makna yang yang begitu besar.

“Tradisi bagi Kami warga RT 11 Perumahan Griya Asri 2 melakukan upacara peringatan seperti ini, jadi kita memberikan contoh juga kepada anak-anak kita, bagaimana memaknai hari bersejarah bangsa Indonesia untuk dijadikan pedoman kedepannya, Ya seperti hari lahir Pancasila Ini, anak-anak dan warga harus tau, ideologi Pancasila itu seperti apa, dan makna yang terkandung dalam setiap butir-butir Pancasila,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Masih kata Pandiangan, “Jarang loh peringatan hari besar nasional bersejarah dilakukan di tingkat RT, Saya rasa warga RT 11 ini jiwa NKRI nya sangat kuat, terlebih dari mulai Persiapan kesiapan personel upacaranya, betul-betul dipersiapkan, Ya kalau dilihat sama seperti peringatan tingkatan yang lainnya”.

“Sudah 3 tahun Kami lakukan upacara seperti ini, dan ini akan terus kami lakukan setiap tahunnya, seperti Hari kemerdekaan RI sebentar lagi kira-kira 2 bulan kedepan, namun akan Kami persiapkan juga jauh jauh hari,” ujarnya.

Pancasila merupakan Falsafah bangsa Indonesia yang harus dijaga, jangan sampai Pancasila dipecah belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena Pancasila sebagai dasar lambang negara republik Indonesia sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang harus dijaga oleh setiap warga negara Indonesia.

“Kami memberikan contoh pada yang lainnya, upacara peringatan hari besar nasional bersejarah seperti hari Lahir Pancasila ini bisa dilakukan di tiap tingkatan, yang penting bagaimana makna Pancasila ini bisa dirasakan, didekatkan, pada anak-anak kita sebagai penerus bangsa yang dapat memiliki ideologi Pancasila untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Pandiangan.
(Rahmat HL)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Betonisasi Jaling Cilebut Timur, Begini Kata Babinsa
Next post JAM-PIDUM SETUJUI 8 PENGAJUAN RESTORATIVE JUSTICE
Close