Read Time:1 Minute, 33 Second

TAMANSARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan Penandatangan Perjanjian Pinjam Pakai Gedung Geopark Information Center (GIC) Pongkor dengan pihak The Highland Park Resort Kecamatan Tamansari. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin yang berlangsung di The Highland Park Resort Sukajadi Kecamatan Tamansari, Selasa (5/7/22). 

Usai melakukan perjanjian, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin langsung melanjutkan dengan kegiatan peninjauan Gedung Geopark Information Center (GIC) dan melantik Pengurus Pongkor Geopark Youth Forum Periode 2022-2024.

Kehadiran GIC ini menjadi wadah koordinasi efektif dalam pengelolaan dan pengembangan Geopark Nasional Pongkor di Kabupaten Bogor, yang melibatkan mulai dari akademisi, pengusaha, pemerintah juga media.

Sekda Kabupaten Bogor, mengungkapkan Gedung GIC Pongkor juga sekaligus menjadi sarana evaluasi  terhadap rencana peningkatan status Geopark Nasional Pongkor sebagai Unesco Global Geopark.

“Dalam mengoordinasikan pengembangan geopark perlu ada sekretariat bersama, adanya tempat pusat informasi dan bertukar pikiran. Atas nama Pemkab Bogor kami berterima kasih kepada pemilik Highland yang mensuport kami, salah satunya dengan membuatkan sekretariat Geopark. Mudah-mudahan kedepannya GIC ini bisa ada ditiap kecamatan, minimal sudah ada di Tamansari,” tegas Sekda.

Untuk diketahui bahwa, Geopark Nasional Pongkor merupakan salah satu dari 15 Geopark Nasional di Indonesia dan juga merupakan salah satu dari 5 Geopark yang dikembangkan oleh Provinsi Jawa Barat yaitu Unesco Global Geopark Ciletuh Sukabumi, Geopark Nasional Pongkor Kabupaten Bogor, Aspiring Geopark Citatah Kabupaten Bandung Barat, Aspiring Geopark Pangandaran Kabupaten Pangandaran dan Aspiring Geopark Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya. 

“Kami bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus mendorong 15 Kecamatan yang masuk kedalam Geopark Nasional Pongkor sebagai objek wisata unggulan, wisata alam dan wisata budaya. Tentunya kita tidak bisa kerja sendiri tetapi menjalin kerjasama yang baik dengan para pengusaha, dunia usaha, instansi vertikal dan lainnya,” tukas Sekda.

Dirinya juga berharap adanya GIC ini dapat berdampak positif dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, ekonomi kreatif serta dapat menjadi pusat informasi pariwisata dan UMKM wilayah Barat Kabupaten Bogor. (Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Bencana Alam Leuwiliang dan Pamijahan, Pemkab Bogor Terima Bantuan dari BPKH Pusat 
Next post DPK KNPI Dilantik, Plt Bupati Bogor Harap Pemuda Lebih Inovatif dan Kreatif dalam Pembangunan Daerah 
Close