Read Time:1 Minute, 27 Second

CIBINONG-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bogor. Peningkatan kapasitas SDM KIM tersebut dilakukan melalui kegiatan bimbingan teknis, di Aula Kantor Diskominfo, Cibinong, Selasa (6/12).

Hadir mengisi materi untuk anggota KIM se-Kabupaten Bogor, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Dr. Hasyim Gautama yang menyampaikan materi Transformasi Digital Tata Kelola Kemitraan Komunitas Informasi Masyarakat. Berikutnya adalah Ketua Umum FK KIM Nusantara, Yushartiman. Hadir sebagai peserta, anggota KIM se-Kabupaten Bogor.

Acara dibuka Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Iwan Setiawan. Menurutnya, dengan keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat, memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menambahkan sekaligus dapat mengakses informasi. Berkaitan dengan kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat dan akuntabel seiring era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

“KIM dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya, agar bisa saling memberdayakan baik dalam mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan informasi,” ungkap Iwan.

Iwan menambahkan, Diskominfo menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis KIM untuk menggali potensi-potensi yang perlu dikembangkan, agar KIM di Kabupaten Bogor lebih maju, lebih berkarya dan dapat mewujudkan KIM yang berkarakter dan inovatif.

“Penyelenggaraan Bimtek KIM ini merupakan upaya penguatan dan pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik pemerintah,” kata Iwan.

Iwan mengajak, seluruh lapisan masyarakat termasuk Kelompok Informasi Masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi, bersinergi, dan berkolaborasi membangun Kabupaten Bogor. KIM menjadi kekuatan dan jejaring, jembatan dan agen informasi bagi pemerintah di tengah masyarakat.

“Dalam hal ini, Pemkab Bogor meyakini bahwa partisipasi masyarakat termasuk KIM merupakan salah satu prasyarat untuk keberhasilan proses pembangunan, karena, masyarakat menjadi bagian integral dari penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bogor,” tandas Iwan Setiawan. (Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Implementasikan Keterbukaan Informasi Publik, Pemkab Bogor Sukses Sabet Penghargaan Predikat Kabupaten Informatif Tahun 2022
Next post Resmikan Jalan Karehkel, Camat Leuwiliang : Pelihara Agar Tidak Cepat Rusak
Close